Home » » Proses Terjajahnya Kembali Indonesia Sejak Bulan November 1967

Proses Terjajahnya Kembali Indonesia Sejak Bulan November 1967

Written By __CunG__ on Wednesday 20 June 2012 | 11:03

Keterjajahan Indonesia Semakin Jelas Hari Ini dan pengaburan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai cita-cita dan tujuan Indonesia Merdeka semakin nyata, pada dasarnya hal ini sudah menjadi bahan pembicaraan dan pemikiran-pemikiran secara terbuka dan langsung dalam seminar-seminar dan diskusi serta forum-forum kebangsaan baik dikampus maupun diluar kampus dari tahun 2008 diantaranya artikel ini yang dikeluarkan pada September 2008.

Oleh : Kwiek Kian Gie


65 tahun sudah usia kemerdekaan Republik ini. Tetapi masih banyak rakyat bangsa ini yang mempertanyakan makna dan manfaat kemerdekaan itu bagi mereka. Betulkan kita sudah merdeka? Kalau sudah?! Mengapa sumber-sumber kekayaan alam negeri ini banyak yang dikelola dan dikuasai pihak asing? Dan Mengapa masih banyak rakyat bangsa ini hidup bergumul dalam kemiskinan dan tidak mempunyai pekerjaan yang jelas, dan mengapa pula sejak zaman penjajahan pertumbuhan ekonomi negeri ini tidak pernah bergerak dari angka 4-7%. Itulah sederet pertanyaan yang timbul setiap rakyat bangsa ini merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus.
Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kita temui dan kita dengar salah satuya dari buku yang ditulis John Pilger dan yang juga ada film dokumenternya, dengan judul The New Rulers of the World, antara lain, dikatakan: "Dalam dunia ini, yang tidak dilihat oleh bagian terbesar dari kami yang hidup di belahan utara dunia, cara perampokan yang canggih telah memaksa lebih dari sembilan puluh negara masuk ke dalam program penyesuaian struktural sejak tahun delapan puluhan, yang membuat kesenjangan antara kaya dan miskin semakin menjadi lebar”.
Penyesuaian struktural ini kemudian lebih dikenal istilah nation building dan good governance oleh “empat serangkai” yang mendominasi World Trade Organisation (WTO) yakni, Amerika Serikat, Eropa, Canada dan Jepang, dan triumvirat Washington (Bank Dunia, IMF dan Departemen Keuangan AS. Mereka mengendalikan setiap aspek detail dari kebijakan pemerintah di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Kekuasaan mereka diperoleh dari utang yang belum terbayar, yang memaksa negara-negara termiskin membayar 100 juta dolar AS per hari kepada para kreditor Barat. Akibatnya adalah sebuah dunia yang elitenya – dengan jumlah lebih sedikit dari satu miliar orang – menguasai 80 persen kekayaan seluruh umat manusia di muka bumi ini.
Sesungguhnya kita rakyat bangsa ini memang belum seutuhnya menikmati alam kemerdekaan. Coba simak cerita yang diungkapkan oleh John Pilger, dia antara lain mengungkapkan bahwa, ....“dalam bulan November 1967, menyusul tertangkapnya ‘hadiah terbesar’, hasil tangkapannya dibagi. The Time-Life Corporation mensponsosri konferensi istimewa di Jenewa yang dalam waktu tiga hari merancang pengambilalihan Indonesia. Para pesertanya meliputi para kapitalis yang paling berkuasa di dunia, orang-orang seperti David Rockefeller. Semua raksasa korporasi Barat diwakili: perusahaan-perusahaan minyak dan bank, General Motors, Imperial Chemical Industries, British Leyland, British American Tobacco, American Express, Siemens, Goodyear, The International Paper Corporation, US Steel. Di seberang meja adalah orang-orangnya Soeharto yang oleh Rockefeller disebut “ekonom-ekonom Indonesia yang Top”. “Di Jenewa, Tim Indonesia terkenal dengan sebutan ‘the Berkeley Mafia’, karena beberapa di antaranya pernah menikmati beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat untuk belajar di Universitas California di Berkeley. Mereka datang sebagai peminta-minta yang menyuarakan hal-hal yang diinginkan oleh para majikan yang hadir. Menyodorkan butir-butir yang dijual dari negara dan bangsanya, mereka menawarkan: .... buruh murah yang melimpah.... cadangan besar dari sumber daya alam.... pasar yang besar, ungkap John Pilger.
Pada hari kedua konferensi di Jenewa tersebut, ekonomi Indonesia telah dibagi, sektor demi sektor. ‘Ini dilakukan dengan cara yang spektakuler’ kata Jeffry Winters, guru besar pada Northwestern University, Chicago, yang dengan mahasiswanya yang sedang bekerja untuk gelar doktornya, Brad Sampson, telah mempelajari dokumen-dokumen konferensi tersebut. ‘Mereka membaginya ke dalam lima seksi: pertambangan di satu kamar, jasa-jasa di kamar lain, industri ringan di kamar lain, perbankan dan keuangan di kamar lain lagi; yang dilakukan oleh Chase Manhattan duduk dengan sebuah delegasi yang mendiktekan kebijakan-kebijakan yang dapat diterima oleh mereka dan para investor lainnya. Kita saksikan para pemimpin korporasi besar ini berkeliling dari satu meja ke meja yang lain, mengatakan: ini yang kami inginkan: ini, ini, dan ini, dan mereka pada dasarnya merancang infrastruktur hukum untuk berinvesatsi di Indonesia.
Kesimpulan dari konferensi tersebut, ssst... ini rahasia negara tolong jangan disebarluaskan.... ketahuilah ... Freeport mendapatkan bukit dengan tembaga di Papua Barat (Henry Kissinger duduk dalam board). Sebuah konsorsium Eropa mendapat nikel Papua Barat. Sang raksasa Alcoa mendapat bagian terbesar dari bauksit Indonesia. Sekelompok perusahaan-perusahaan Amerika, Jepang, dan Prancis mendapat hutan-hutan tropis di Sumatera, Papua dan Kalimantan. Sebuah undang-undang tentang penanaman modal asing yang dengan buru-buru disodorkan kepada Soeharto membuat perampokan ini bebas pajak untuk lima tahun lamanya. Nyata dan secara rahasia, kendali ekonomi Indonesia pergi ke Inter Governmental Group on Indonesia (IGGI), yang anggota-anggota intinya adalah Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Australia, dan, yang terpenting, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.
Jadi sesungguhnya, sejak tahun 1967 Indonesia sudah tidak berdaulat – mulai dirampok atas dukungan para elit bangsa Indonesia sendiri yang saat itu berkuasa. Sebenarnya banyak lagi rahasia negara yang ingin saya bagikan kepada anda.... tapi saya takut diciduk... apalagi UU Rahasia Negara sudah di sahkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat.... cukup ini saja dulu... bahaya tau nggak..........

Sumber: 
  • Artikel Ke 4 Kwiek Kian Gie



Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. _..::IrFaN.MP::.._ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger