Home » » Tanah Genting KRA

Tanah Genting KRA

Written By __CunG__ on Monday 16 July 2012 | 15:51


Banyak orang tidak begitu mengetahui di mana Terusan Kra (tanah genting Kra) ini, dan apa pentingnya sehingga bisa mengubah geo-ekonomi global (khususnya Asia Timur). Kita tahu Asia Timur saat ini semakin hari semakin menjadi pusat ekonomi dunia, seiring dengan semakin turunnya pengaruh AS sebagai negara adidaya (terutama akibat krisis akhir-akhir ini).

Banyak yang mengatakan bahwa kelompok negara-negara Barat akan segera disaingi oleh kelompok BRIC (Brazil-Russia-India-China). Mereka adalah negara-negara yang sungguh-sungguh mampu berdikari dan punya tradisi otonom dari Barat. Terutama Russia dan China akan bangkit luar biasa. Ini semua mengindikasikan akan terjadinya perubahan geo-ekonomi global secara mendasar dalam waktu dekat ini.

Terusan Thai (sebelumnya disebut Terusan Kra atau Terusan tanah genting Kra) adalah rencana untuk terusan yang akan melewati Thailand selatan untuk mempersingkat transportasi di wilayah tersebut, seperti Terusan Panama dan Terusan Suez. Kemungkinan besarnya pemerintah Thailand akan membuka Terusan Kra pada 2011 mendatang. Thailand menganggarkan dana 21, 2 milyar Dollar AS untuk pengerukan Terusan Kra tersebut.

Alasan utamanya adalah karena Semenanjung Malaya memperpanjang rute transportasi di sekitar Asia. Kondisi kemacetan di Selat Malaka ini akan terus bertambah parah, melihat geliat pelayaran ke dan dari Cina. Belum lagi masalah terorisme maritim, perompak dsb.

Pembangunan Terusan Kra tersebut didasari data yang ada bahwa Selat Malaka sebagai jalur pelayaran sepanjang 612 mil yang menghubungkan antara laut Cina Selatan dengan Samudera Hindia. Selama ini kita tahu bahwa selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia. Kurang lebih 50 ribu kapal melintasi jalur ini setiap tahunnya dan lebih dari setengah kebutuhan energi Jepang dan Cina melewati selat ini.

Jelas Singapura akan bangkrut (hampir) total. The little dot yang penghasilan utamanya ada pada bidang jasa dan infrastruktur (selain industri manufaktur) jelas ekonominya akan goyang. Sumatra khususnya pelabuhan singgah juga akan terpengaruh.

Namun disisi lain, Sabang yang berada di ujung barat Indonesia bisa menjadi kota pelabuhan yang besar. Pemerintah sendiri sebenarnya telah melihat potensi besar tersebut. Dengan dikeluarkannya UU No 37/ 2000 menetapkan kembali Sabang menjadi kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas. Namun sayang, hingga saat ini Sabang belum tergarap secara optimal.

Kondisi ini membuat keberadaan Sabang Freeport sangat strategis. Ditunjang kedalaman laut yang memadai bagi kapal-kapal besar berukuran 100 000 ton untuk merapat ke dermaga. Sabang Freeport bisa menjadi pelabuhan transit menggantikan pelabuhan Singapura, yang overloaded.

Pelabuhan Sabang merupakan salah satu pelabuhan yang bebas pendangkalan, sehingga tidak perlu biaya pengerukan serbamahal seperti pelabuhan lain di Indonesia. Tapi Sabang Freeport sendiri masih harus berbenah dan mendatangkan banyak investor untuk terus memenuhi kelengkapan infrastruktur yang menjadi kebutuhan mutlak kota pelabuhan dan perdagangan, seperti tanki minyak raksasa, dok terapung, gudang dan fasilitas lainnya. Sementara di luar pelabuhan, infrastrukturnya juga harus menunjang keberadaan bank, pusat-pusat pelayanan jasa sampai dengan restoran, toko, rumah-rumah penginapan dan tentu saja Hotel.

Jika pengembangan Sabang sebagai kawasan pelabuhan bebas dan perdagangan bebas berhasil, maka efek positifnya akan merambat ke wilayah-wilayah sekitar Sabang. Hasilnya akan sangat membantu mempercepat pemulihan Aceh pasca tragedi tsunami.

http://politikana.com/baca/2010/01/3...indonesia-lesu

Sigh, andaikan pemimpin kita ada yang sadar bahwa pengembangan Sabang sebagai pelabuhan sudah sangat penting Di masa depan kanal ini sudah pasti akan terbangun. Melihat bangkitnya RRT dan India, mereka pasti akan berinvestasi dalam kanal ini untuk menghemat cost mereka.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. _..::IrFaN.MP::.._ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger